Rabu, 27 Maret 2013

PERPUTARAN UANG DUNIA


Uang dunia berputar pertama kali karena adanya bank yang sebagai tempat pertama terjadinya perputaran uang. Kemudian uang tersebut akan terus berputar ke lingkup yang lebih luas. Berikut adalah contoh kasus terjadinya perputaran uang dunia.

Seseorang bernama A telah menghimbun kekayaan/menabung uangnya ke bank dan ia akan mendapatkan bunga selama menabung sebesar i1 . Agar bank mendapatkan keuntungan maka bank tersebut memutar uangnya dengan cara memberikan pinjaman kepada orang yang memerlukan uang (bernama B). Si B juga dikenakan bunga atas pinjamannya sebesar i2, bunga ini lah yang akan menjadi keuntungan bagi bank; Keuntungan Bank = i2-i1.

Demi mengurangi resiko misalnya interest spread, Bank SITI bekerja sama dengan A membuat PT yang bernama  PT.  ITIS yang sebagai leasing untuk PT. Astra Honda Motor yang membuka bisnis pembelian motor kredit.  Masyarakat yang akan membeli motor secara kredit melakukan pinjaman uang pada bank, maka pada saat itulah bank mendapat bunga sebesar i4.

Namun, demi mengurangi resiko yang terjadi karena takut Bank SITI mengalami kebangkrutan karena terjadinya kematian Si B. Maka Bank SITI melakukan penanaman saham pada Pasar Modal agar mendapatkan bunga sebesar i3.

Salah satu upaya bank dalam mengurangi resiko yaitu bekerja sama pada PT. XYZ yang sebagai Asuransi untuk Si B. PT XYZ harus membayar premi asuransi sebesar Rp. 20.000,-/bulan dengan UP = Rp.  20.000.000,- serta melakukan penjualan saham untuk mendapatkan Deviden dan Capital Gain.

Namun PT XYZ pun melakukan kerjasama dengan PT KLM yang sebagai Reasuransi. PT. KLM membayar premi = Rp. 80.000,-/bulan dengan UP = Rp. 80.000.000,- serta melakukan kerja sama dengan perusahaan Luar Negeri yaitu OPQ dimana perusahaan tersebut sebagai Retrocessi agar PT.KLM membayar premi = Rp. 20.000,-/bulan dengan UP = Rp. 20.000.000,-.

Sedangkan OPQ sebagai perusahaan asing di Indonesia harus membayar premi sebesar Rp. 60.000,-/bulan dengan UP = Rp. 60.000.000,-. Untuk membayar premi tersebut maka OPQ membuat 3 PT yaitu OP, OQ, PQ cara membeli saham pada Pasar Modal sebesar 20% pada masing-masing perusahaan.

Maka dari situlah uang kembali lagi dan terus berputar.

NAMA   : DEDE NURANI SARI
NPM      : 19210796
KELAS  : 3EA16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar