Selasa, 19 Maret 2013

7 Gangguan Sistem Pencernaan Bayi

Berbagai macam masalah pencernaan bayi yang dapat dicegah, berikut beberapa macam masalah pencernaan bayi menurut dr. Muzal Kadim, SpA(K) :
1.    Refluks Gastroesofagus (RGE)
Gangguan pencernaan yang lebih umum dengan sebutan gumoh ini merupakan kelainan yang paling sering menyebabkan muntah pada bayi. RGE adalah kembalinya isi lambung ke kerongkongan dan dapat terus keluar lewat mulut menjadi gumoh atau muntah. Kandungan lambung tersebut dapat berupa air liur, minuman/makanan yang tertelan, sekresi pankreas dan sekresi cairan empedu. Bila berat badan bayi cenderung tidak naik, pemeriksaan lebih lanjut untuk menilai derajat RGE dengan melakukan pemeriksaan pH monitoring.
2.    Hypertrophic Pyloric Stenosis (HPS)
Gangguan pencernaan ini merupakan suatu kelainan saluran pencernaan yang ditandai dengan menyempitnya saluran usus daerah pylorus akibat menebalnya otot dinding usus. Pylorus merupakan bagian dari usus duabelas jari yang berbatasan langsung dengan lambung. Makanan atau minuman dari lambung akan masuk ke usus duabelas jari secara bertahap. Karena adanya penebalan ini maka makanan/minuman tersebut akan terhalang ke usus duabelas jari. Akibatnya makanan akan dimuntahkan kembali oleh bayi.
3.    Diare Karena Infeksi
Diare merupakan gejala gangguan pencernaan yang sering terjadi. Diare pada usia kurang dari 2 tahun umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan biasanya membaik sendiri dalam waktu kurang dari satu minggu. Bayi yang mengalami diare biasanya disertai demam dan sering didahului dengan muntah.
4.    Kolik Infantil
Bayi yang menangis secara berlebihan dan mendadak dengan intensitas tinggi biasanya terjadi pada sore hari dan malam hari merupakan gejala dari kolik infantil. Gejala sakit perut yang terjadi hebat sekali hingga bayi menangis histeris. Namun, kadang periode ketidakmampuan melakukan evakuasi tinja secara sempurna yang tercermin dari berkurangnya frekuensi buang air besar (BAB) dari biasanya. Tinja jadi lebih keras dan nyeri dibandingkan sebelumnya serta pada perabaan perut peraba massa tinja.
5.    Sembelit (Konstipasi)
Gejala yang khas untuk penyakit ini adalah adanya kesulitan BAB sejak lahir dan bila anusnya disentuh maka tinja akan menyembur keluar. Jika mengalami hisprung maka bayi harus dibawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.
6.    Kembung
Bayi yang kembung biasanya mudah muntah. Untuk menghilangkan gejala kembung yang disebebkan oleh kondisi ini, tentunya harus mengatasi kelainan dasarnya. Bayi yang banyak menangis juga sering mengalami kembung karena banyak menelan udara. Selain itu, bayi yang minum susu botol dengan lubang dot terlalu besar juga menyebabkan perut kembung.
7.    Cegukan 
Cegukan atau dalam bahasa medis singultus adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada dekat rongga dada (diafragma). Akibat kontraksi tersebut akan timbul isapan udara secara mendadak yang masuk ke dalam paru melewati ruang antar pita suara (glottis), sehingga menyebabkan terjadinya suara hik yang khas.

sumber: tabloid Mom&Kiddie

1 komentar:

  1. Bantu buat Kartu Kredit BANK BNI dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas
    maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
    100% berkas aman cukup fc ktp.slip
    gaji/skp kartu kredit npwp
    khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
    proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
    Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
    Garuda Indonesia Travel Fair 2014, kerjasama Bank Negara Indonesia dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
    Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
    Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- dengan BNI Reward Points.
    Informasi lebih lanjut hubungi BNI Call 500046 atau 021-500046/68888 dari ponsel.atau dengan marketing kami cabang BNI SEMARANG
    chairul sarto utomo via sms telp
    085229348635, 085600125176 pin bb 3166854C. TELP KANTOR ( 024 ) 33051946 FAK 024 86455931

    BalasHapus