Selasa, 19 Maret 2013

Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal

Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ penting yang mesti dijaga agar dapat berfungsi degan baik. Ginjal merupakan sepasang organ tubuh berbentuk seperti biji kacang merah. Meski kecil, ginjal berfungsi untuk menaring kotoran dalam darah dan membuangnya bersama air kencing atau urine. Gagal ginjal dapat dicegah dengan cara-cara sederhana. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan:

 Perbanyak minum air putih
Tubuh kita terdiri atas 60%-70% air. Bila tanpa air makan sel tidak akan bertahan hidup. Selain itu, proses biokimia dan fisiologis dalam tubuh tidak akan bekerja dengan benar bila anda kekurangan cairan. Banyak pakar kesehatan menganjurkan untuk minum setidaknya delapan gelas perhari.
    Kurangi makan asin
Natrium klorida adalah nama lain dari garam. Natrium dan klorida merupakan elektrolit dan bertanggungjawab dalam mempertahankan keseimbangan air elektrolit dan keasaman serta kebasaan darah. Jika mereka tertelan secara berlebihan, mereka dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan menyebabkan penumpukan (akumulasi) di ginjal.
    Menghindari minuman berakohol
Alkohol dikenal sebagai zat diuretrik yang menyebabkan seringnya buang air kecil atau micturation. Namun alkohol juga menyebabkan pencegahan eksresi bahan lain, seperti asam urat. Hal ini akan mengakibatkan batu ginjal atau radang sendi yang menyebabkan encok. Asam urat adalah salah satu penyebab batu nefrolisiasi atau ginjal.
    Terapkan pola hidup sehat
Makan dengan baik, tidur dengan baik, dan hidup dengan baik dengan cara rutin berolahraga, dan kurangi makan daging yang berlemak karena daging lemak dapat menyebabkan beberapa penyakit.
    Perbanyak makan makanan berserat tinggi
Sayuran dan buah mengandung serat tinggi yang juga berperan memperlancar pencernaan dan mengurangi pepstisida yang ada pada makanan.
    Jangan pernah menahan kencing
Menahan kencing yang berlama-lama akan membuat organ saluran kencing tersiksa karena menahan kencing.
    Rutin cek kesehatan
Rutin cek up untuk mengetahui kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah untuk mengetahui sejauh mana kesehatan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar