Rabu, 27 Maret 2013

kasus yang berkaitan dengan metode ilmiah

Penulisan ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas suatu masalah yang bersifat real. Penulisan ilmiah dimulai dengan meneliti suatu kejadian kemudian didapat data yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan beberapa metode perhitungan, dan kemudian akan didapat suatu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah contoh penulisan ilmiah:
 
Piramida Penduduk Kota Semarang 2009
 
 

 Komposisi penduduk Kota Semarang didominasi oleh penduduk muda/dewasa. Kelompok usia produktif (Kelompok usia 25-39) terlihat sangat mendominasi, dimana kelompok usia ini adalah mereka yang terlibat aktif dalam lapangan pekerjaan. Mereka pada umumnya telah menyelesaikan pendidikan tinggi maupun sudah berumah tangga. Kondisi seperti ini tentunya harus  menjadi perhatian pemerintah dalam mengambil langkah-langkah kebijakan di bidang kependudukan utamanya ketersediaan lapangan pekerjaan. Sehingga diharapkan bisa menjadi penggerak roda perekonomian, bukan malah sebaliknya menjadi beban pembangunan.







Jumlah penduduk Kota Semarang mencapai   1,45 juta jiwa pada tahun 2007. Angka ini terus meningkat dan pada tahun 2009 telah mencapai 1,50 juta jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduk pada tiga tahun terakhir berfluktuatif. Dimana tercatat pada tahun 2007 sebesar 1,43% kemudian meningkat agak tajam menjadi 1,86% di tahun 2008 dan terakhir mengalami sedikit penurunan 0,15% di tahun 2009.
Dengan luas wilayah sekitar 377 km2, ini berarti setiap  km2 ditempati penduduk sebanyak 4.032 orang pada tahun 2009. Selain itu anggota rumah tangga dalam setiap rumah tangga terlihat cenderung menurun.
 Secara umum jumlah penduduk perempuan lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk laki-laki. Pada tahun 2009, untuk setiap  100 penduduk perempuan terdapat 98 penduduk laki-laki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar