Kamis, 06 Januari 2011

artikel

POLA DIET BAGI VEGETARIAN

Pola diet vegetarian tidak jauh berbeda dengan pola diet pada umumnya. Bedanya, makanan yang dikonsumsi sebagai sumber protein dan lemak berasal dari nabati.
Tidak sampai Defisiensi.
Pada dasarnya, pola diet vegetarian sangat baik. Para vegetarian mendapat asupan berbagai vitamin dalam kadar yang cukup tinggi, tetapi masalah kekurangan nutrisi pada vegetarian lebih besar. Vegetarian juga beresiko kekurangan kekurangan zat besi, vitamin B12 dan asam folat yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Karena itu vegetarian rentan mengalami anemia.
Meski kandungan protein dalam nabati tidak sebesar yang berasal dari hewani, kecukupan protein mudah diperoleh selama dietnya bervariasi. Kombinasi berbagai macam biji-bijian, kacang, buah dan sayur, terbukti dapat memenuhi kebutuhan protein. Oleh karena itu kasus defisiensi jarang terjadi.
Daya serap tubuh terhadap zat besi sumber hewani (heme) lebih tinggi dari zat besi sumber nabati (non heme).
Vitamin B12 berasal dari bakteri. Mulut, usus bagian atas dan usus bagian bawah mengandung bakteri yang menghasilkan B12. Vitamin B12 hanya diperlukan dalam jumlah sangat sedikit, hanya mikrogram saja per hari.


Sumber : Majalah OTC DIGEST

Tidak ada komentar:

Posting Komentar